Mamfaat Edamame ditubuh kita

Apa itu Edamame?
Indonesia dikenal dengan kedelai dari Jepang. Edamame merupakan salah satu super foods yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein.

Edamame adalah satu-satunya sayuran yang dapat memberikan Anda 9 asam amino esensial yang biasanya Anda dapatkan dari daging ataupun telur. Secangkir edamame mengandung 120 kalori, 9 gram serat, 2.5 gram lemak, 11 gram protein, dan 13 gram karbohidrat. Selain itu edamame juga rendah karbohidrat dan lemak.

1. Meregenerasi sel-sel yang rusak

Tubuh akan mengalami regenerasi sel yang rusak setiap harinya. Hal tersebut harus didukung oleh intake makanan dengan kandungan yang sesuai. Salah satunya dengan mengonsumsinya secara teratur.

Dalam edamame terkandung protein yang cukup tinggi. Kacang ini akan memenuhi sekitar 40 persen kebutuhan protein total harian wanita dan 30 persen untuk pria. Sehingga tak akan menjadi masalah jika masih dalam batas wajar.

2. Berperan dalam program diet

Tak perlu khawatir jika Anda menjadikan edamame sebagai salah satu cemilan saat diet. Kandungan lemaknya yang tergolong rendah menjadikan kacang ini sebagai salah satu yang dianjurkan oleh para ahli gizi. Tentunya dikonsumsi dalam batas wajar ya.

3. Membangun kekuatan otot

Edamame mengandung sekitar 86 persen protein lebih besar dibandingkan soybean lainnya. Oleh karenanya akan sesuai jika dikonsumsi bagi mereka yang ingin memperbesar massa otot. Untuk mereka yang sedang program gym bahkan atlete, misalnya seperti itu.

4. Menurunkan resiko penyakit jantung

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa tingginya kolesterol dalam darah justru akan meningkatkan resiko terjadinya peanyakit jantung. Sehingga edamame hadir dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya yang bermanfaat dalam menurunkan resiko tersebut. Sehingga saat dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi secara teratur dengan batas wajar.

5. Mengontrol kadar gula dalam darah

Sama halnya dengan jenis kacang-kacangan lainnya, edamame juga akan membantu Anda dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini tidak hanya dianjurkan bagi penderita hipoglikemia, namun juga menjadi sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami hiperglikemia.

6. Mengandung asam folat

Tak perlu meragukan keajaiban dari si kecil hijau ini. Selain kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, edamame juga mengandung asam folat. Seperti halnya susu formula yang beredar di pasaran, asam folat yang terkandung dalam edamame juga memiliki fungsi yang sama.

Akan menjadi sangat bermanfaat ketika para ibu hamil mengonsumsinya secara teratur selama masa kehamilannya. Sehingga menurunkan resiko terjadinya bayi lahir cacat. Tak hanya berhenti sampai kehamilan, sebaiknya Anda juga menjadikan kacang ini sebagai menu bubur makanan untuk anak.

7. Mengandung vitamin K

Dibandingkan dengan soybean, edamame mengandung lebih banyak vitamin K. Sebanyak 33 persen telah ditemukan dalam kacang ini. Sehingga diduga juga akan menurunkan resiko terjadinya alzheimer. Orang awam menyebut alzheimer sebagai penyakit lupa. Tidak mau menjadi pelupa di usia muda bukan?

8. Mengandung zat besi

Walaupun kandungan zat besinya lebih rendah dibandingkan soybean, edamame juga mampu mencegah dan mengobati bagi Anda para penderita anemia. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa anemia merupakan penyakit yang terjadi akibat defisiensi atau kekurangan zat besi.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, diharapkan kadar zat besi dalam darah akan meningkat kemudian pembentukan sel darah merah menjadi lebih cepat. Anda tertarik ingin mencobanya?

9. Menurunkan resiko terjadinya kanker payudara

Edamame mengandung senyawa isoflavones. Senyawa tersebut berperan dalam mengontrol hormon estrogen pada wanita. Penelitian terdahulu mengatakan bahwa jika mengonsumsinya dalam jumlah tertentu, akan menurunkan resiko kanker, terutama kanker payudara.

10. Menurunkan gejala menopause

Menopause merupakan tahapan wanita ketika berhenti menstruasi. Penelitian terdahulu mengatakan bahwa edamame mengandung isoflavones yang dapat menurunkan gejala menopause pada wanita.

11. Menurunkan resiko terjadinya kanker prostat

Bukan hanya menurunkan resiko terjadinya kanker payudara, edamame juga berperan dalam kanker prostat. Telah disebutkan dalam penelitian terdahulu bahwa sebanyak 20 persen resiko kanker prostat telah diturunkan oleh salah satu jenis kacang-kacangan ini. Sehingga tak akan jadi masalah jika para pria mengonsumsinya dalam batas wajar.

12. Menjaga kesehatan tulang

Bagi Anda yang beresiko menderita osteoporosis, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi edamame. Bagi orang awam, lebih mengenal osteoporosis sebagai pengeroposan tulang. Sekali lagi, hal tersebut tak jauh dari manfaat kandungan islofavones dalam edamame.

Seperti itulah manfaat dari beragam kandungannya. Walaupun sebenarnya masih ada lagi manfaat lain yang tak dapat dijelaskan lebih lanjut, seperti :

13. Meningkatkan sistem imun

14. Menjaga kesehatan paru

15. Sebagai anti inflamasi

 

 

saduran : https://hellosehat. com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *