Mamfaat KOPI dan damfaknya bagi Kesehatan

Renungan sembari menyeruput kopi pahit.

Hidup adalah bagaikan secangkir kopi. Walaupun terasa pahit tetap harus dinikmati, sehingga nikmatnya benar-benar terasa.

Jika terlampau pahit, cukup ditambah gula dan susu secukupnya.

Jika gulanya berlebihan, dan susunya kebanyakan, maka rasa kopinya terbenam di balik rasa manis dan enak.  Hakikat pahitnya kopi pun raib.

Kehidupan juga demikian. Jika selalu manis dan enak, maka hakikat hidup terhalang untuk dinikmati dengan sempunrna. Sebab, hakikat hidup selalu menawarkan untuk mengolah kesabaran atas kepahitan, dan memahirkan kesyukuran atas kemanisan dan kenikmatan. ☕☕

Nah ini mamfaat kopi bagi kesehatan anda..

1.Mencegah resiko kanker
Dengan mengkonsumsi kopi akan menyebabkan penurunan risiko kanker lever, payudara, prostat, dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Sebuah penelitian tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum dua atau tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko atau mencegah kanker payudara.

2. Menurunkan risiko diabetes
Peminum kopi memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2. Orang yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko diabetes tipe 2 50 persen lebih rendah.

3.Mencegah Batu Ginjal
Wanita yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25 persen lebih rendah. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya juga menunjukkan hasil yang sama.

4.Meningkatkan Semangat Kinerja
Kopi dan kafein yang terkandung di dalamnya diketahui bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat bekerja. Sebuah penelitian tahun 2008 menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein sebelum olahraga bisa meningkatkan aktivitas dan lama waktu olahraga.

Bacaan terkait ; Bagaimana dengan TEH?

5. Apa ia Mempertajam Ingatan?
Kopi bisa membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radiological Society of North America, peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein bisa meningkatkan ingatan dan kecepatan reaksi seseorang. Penelitian menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun ke atas dan meminum sekitar tiga cangkir kopi sehari memiliki ingatan yang lebih baik dan tidak menunjukkan penurunan ingatan dibandingkan wanita yang hanya minum satu cangkir kopi setiap hari.
Sayangnya hal ini tak berlaku bagi pria.

Ini info dari berbagai sumber manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, sebaiknya meski kopi mengandung manfaat untuk kesehatan kita jangan berlebihan karena kalau Anda   minum kopi secara berlebih juga akan menimbulkan keburukan bagi tubuh anda.

Selamat menikmat seruput kopi di sore hari bersama keluarga dan kerabat
Hidup dinikmati sesuai kadar yang di beri sang pencipta.

nara sumber : WA link, wikipedia, book medis,
photo : google image

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *