Uang 1000 rupiah menjadi 1 rupiah bila diredenominasi

Buat yang awam akan bertanya apa sih maksudnya,

Tapi sebagian kalangan akan bertanya akan dilakukan kapan?

Semua tidak segampang membalikan tangan ? lalu..

 

Masyarakat kelas bawah masih sangat awam dengan istilah redenominasi. Masih banyak yang menilai bahwa penyerdehanaan nilai mata uang ini maka akan mengurangi uang mereka sehingga banyak yang berpikir untuk membeli dolar yang bisa berdampak buruk bagi ekonomi bangsa.

“Kalau yang pintar-pintar ngomong-nya soal makro, tapi yang di bawah ini mereka melihatnya duit saya dipotong nih, kalau dipotong mending beli dolar. Kalau pada beli dolar, dolar naik, ekonomi kita ambruk,” jelasnya.

Bagaimana ke bijakan Menteri Keuangan era kini , beliau juga menyatakan tidak setuju apabila dilakukan proses redenominasi sebelum sosialisasi kepada masyarakat. Karena ini sama seperti kasus pada 1965 karena banyak masyarakat merasa uangnya dikurangi.

lanjutkan ke istilah REDENOMINASI

 

Memangnya  bikin Uang itu sulit..

Tapi banyak saja yang ingin kaya instan dengan memenirunya ,

Tengoklah pabrik atau tempat pembuat Uang  yakni …

Pabrik produksi uang beralamat diDesa Parung Mulya, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat. Kawasan produksi Peruri memiliki penjagaan yang sangat ketat.

Masuk di gerbang utama, pengunjung harus melewati pemeriksaan petugas dan menukar identitas dengan kartu pengunjung. Kemudian pengunjung akan kembali melewati pemeriksaan kedua saat masuk pabrik pencetakan uang kertas.

Di kawasan ini, pabrik uang kertas dan uang logam berada di gedung yang berbeda. Setelah melalui pemeriksaan kedua, tibalah pada pabrik pencetakan uang kertas.

Trand list ; #8

Kawasan produksi di Karawang ini di resmikan pada 2005 oleh Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Bisa tidak Bawa HP Masuk? Oh tidak..

Tak kalah ketat, di pabrik percetakan uang kertas, pengunjung tidak diizinkan membawa apapun ke dalam pabrik. Seluruh bawaan pengunjung disimpan dalam locker yang telah disediakan, siapakan ientitas Anda karena;

“Tas, dompet, handphone, kamera semua di simpan di loker,”standar memasuki kawasan Produksi Peruri,

Dalam melakukan kunjungan, beberapa larangan antara lain tidak boleh ; Membawa senjata Api, Senjata Tajam dan Bahan Berbahaya,

Membawa alat potret/camera/ tustel, camera video, hand phone dan hanya boleh meliput obyek-obyek yang telah ditentukan,

Dilarang Membawa semua jenis Uang Kertas dan Uang Logam Bank Indonesia, produk buatan Peruri (khusus kunjungan di lokasi produksi),

Tidak boleh Merokok, makan, minum, kecuali pada tempat yang diperbolehkan .

semoga Anda maklumi jika masuk ke kawasan objek vital.

nara sumber : BI, wikipedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *