Select Page
Sudah benarkah cara mencuci pakaian anda

Sudah benarkah cara mencuci pakaian anda

Aktivitas yang selalu di lakukan dan harus ada di setiap rumah tangga yakni mencuci pakaian.
Berbagai cara dilakukan orang untuk membersihkan pakaian mereka. Namun, apakah selama ini cara Anda mencuci sudah tepat?
Jika keluhan warna pudar, baju luntur, atau pakaian tersangkut masih menjadi langganan, artinya ada yang harus diperbaiki dari teknik mencuci pakaian Anda. Apakah saat mencuci pakaian Anda sudah melakukan beberapa poin berikut ini?
1. Memisahkan pakaianPisahkan antara jenis pakaian luar dan pakaian dalam. Pemisahan antara pakaian dan celana pun penting agar hasil cucian Anda lebih bersih dan maksimal. Selanjutnya, pisahkan pula antara pakaian yang mudah luntur, pakaian warna putih, dan pakaian yang bisa dicuci secara bersamaan.
Update :

 

2. Cermat memilih deterjen

Tak semua jenis pakaian cocok hanya dengan menggunakan satu jenis deterjen atau sabun cuci pakaian. Deterjen yang mengandung bahan pemutih pakaian hanya cocok digunakan untuk pakaian putih dan warna terang lainnya.

Jika pakaian Anda cenderung berwarna gelap (hitam, merah marun, biru dongker dan warna gelap lain) sebaiknya gunakan deterjen cair. Pilihlah juga deterjen yang sesuai dengan jenis mesin cuci yang Anda gunakan. Terkadang beberapa jenis jenis mesin cuci harus menggunakan menggunakan deterjen khusus agar mesin cuci tak cepat rusak.

3. Perhatikan label pada pakaian

Sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci, pastikan Anda sudah mengecek label pada pakaian atau celana (luar dan dalam) untuk memastikan apakah pakaian Anda cocok untuk dibersihkan dengan menggunakan mesin cuci atau tidak. Hal ini untuk mencegah pakaian Anda mudah rusak saat proses mencuci.

4. Waktu merendam pakaian

waktu yang ideal saat memendam pakaian agar campuran deterjen dapat mengurai noda pada serat-serat kain adalah kurang lebih selama satu hingga dua jam. Merendam pakaian dalam air campuran deterjen terlalu lama juga dapat merusak pakaian serta melunturkan warna asli pakaian tersebut .