Presiden Jokowi terima Aplikasi Belajar di rumah saat Covid 19 menyatakan pemerintah mendapatkan bantuan gratis pengajaran secara daring dari berbagai aplikasi pendidikan.

Hal ini sesuai kebijakan belajar dari rumah guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia 2020

Aplikasi Belajar di rumah

Perkembangan digital mulai masuk ke berbagai sektor, termasuk pendidikan, dengan banyaknya startup atau usaha rintisan mengembangkan platform atau aplikasi untuk memberikan pembelajaran secara online.

Aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur mulai dari belajar melalui video animasi, latihan soal, bahkan persiapan untuk menghadapi berbagai ujian.

Dengan adanya bantuan gratis tersebut, para guru diminta mengarahkan siswa belajar secara daring dari rumah selama dua pekan ke depan.

Noka mereview 10 Aplikasi pengajaran gratis tersebut didapatkan dari ;

  1. Ruang Guru,
  2. Google ,
  3. Zenius,
  4. Microsoft,
  5. Quipper,
  6. Sekolahmu,
  7. Kelas kita
  8. Kelas Pintar
  9. Sekolahku
  10. Rumah Belajar yang di kelola Kemindikbud

Cara menggunakan Aplikasi Belajar di rumah

  • Terlebih dahulu pilih Aplikasi yang akan dipakai
  • Kemudian lakukan download Aplikasi di Google Play
  • Atau bisa di download dalam aplikasi dibawah ini;

1. Ruang guru

Sebuah Aplikasi bimbingan belajar online yang menawarkan solusi lengkap hanya dalam satu aplikasi.

Pengguna bisa belajar melalui video, latihan soal, les privat, dan tryout yang bisa diakses hanya melalui smartphone.

Ruang guru menyediakan konten untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA yang sesuai dengan kurikulum nasional.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ruangguru.com ini dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman.

Aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur belajar yaitu mulai dari fitur Video Belajar, dengan fitur tersebut.

Pengguna bisa menonton ribuan video belajar beranimasi dan pembahasan soal untuk SD, SMP, SMA, bersama tutor dengan durasi hanya 5-10 menit per video.

Fitur latihan yang ersedia bisa memahami serta mempertajam wawasan melalui lebih dari puluhan ribu latihan soal dan pembahasan dari berbagai tingkat kesulitan termasuk High Order Thinking Skills atau HOTS.

Video juga bisa diunduh agar pengguna bisa menonton berulang kali.

Hasil latihannya bisa langsung keluar disertai dengan pembahasannya.

Ruang guru juga menghadirkan fitur Rangkuman Modul Bimbel. Fitur ini bisa digunakan setelah menyelesaikan semua misi

Pengguna dapat mengunduh rangkuman yang dapat disimpan di galeri smartphone yang bisa dijadikan bahan untuk belajar.

Kemudian untuk memudahkan siswa dan Guru Telkomsel memberikan kuota 30GB bisa diakses pengguna nomor prabayar dan pascabayar.

Telkomsel mendukung upaya gotong-royong pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19, dengan berperan sebagai penghubung atau connectivity enabler.

Cara aktivasi 30GB Telkomsel Gratis

  • Masuk dulu ke Aplikasi My Telkomsel aktifkan paket data Rp 0
  • Setelah pengguna memasukkan nomor Telkomsel yang aktif, pengguna akan mendapatkan akses data sebesar 30GB untuk akses Ruangguru selama 30 hari.
  • Kemudian masuk ke Ruang Guru >> Selesai

2. Google Classsroom

Kelas menghemat waktu dan kertas, serta memudahkan dalam membuat kelas, memberikan tugas, berkomunikasi, dan menjadikan semuanya mudah dikelola.

Kelas adalah layanan gratis untuk sekolah, lembaga non-profit, dan semua orang yang memiliki akun Google pribadi. Kelas memudahkan pelajar dan instruktur agar tetap terhubungβ€”di dalam dan di luar sekolah.

Ada banyak keuntungan dengan menggunakan Kelas: β€’ Dapat disiapkan dengan mudah – Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau dengan membagikan kode di kelasnya untuk bergabung. Penyiapan hanya perlu waktu beberapa menit.

β€’ Menghemat waktu – Alur kerja tugas yang mudah dan tidak menggunakan kertas memungkinkan pengajar untuk membuat, meninjau, dan menilai tugas dengan cepat, semuanya di 1 tempat.

β€’ Meningkatkan pengelolaan – Siswa dapat melihat semua tugasnya di 1 halaman tugas, dan semua materi kelas (seperti dokumen, foto, dan video) otomatis dimasukkan ke dalam folder di Google Drive.

β€’ Menyempurnakan komunikasi – Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirimkan pengumuman dan memulai diskusi kelas dengan cepat. Siswa dapat berbagi materi satu sama lain atau menjawab pertanyaan melalui sarana diskusi ini.

β€’ Aman dan terjangkau – Sama seperti layanan G Suite untuk Pendidikan lainnya, Kelas tidak berisi iklan, tidak menggunakan konten Anda atau data siswa untuk tujuan iklan, dan tidak berbayar.

3. Zenius

Zenius menghadirkan aplikasi yang bisa kamu akses secara bebas. Berangkat dari semangat tersebut, Zenius menghadirkan aplikasi yang bisa menjadi Ruang guru dan bagi murid untuk menunjang aktivitas belajar serta mengajar

Zenius menghadirkan aplikasi dengan video pembelajaran berkualitas yang bisa kamu akses bebas biaya.

Sejak 2004, Zenius telah menjadi andalan bagi banyak murid-murid di Indonesia untuk membantu mereka dalam belajar. Tak hanya itu, Zenius juga telah terbukti berhasil mengantarkan banyak murid-muridnya dalam memasuki kampus impiannya.

Menjawab kebutuhan belajar masa kini, Zenius App hadirkan berbagai fitur yang dapat menunjang proses belajarmu.

Terdiri 74.000+ video materi pelajaran yang disajikan oleh tutor-tutor lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri.

Ratusan ribu soal beserta video pembahasan yang bisa kamu unduh dengan bebas sebagai teman belajarmu.

Materi pelajaran lengkap mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA dan SMK yang bisa kamu akses setiap waktu dari kurikulum KTSP, K-13 dan K-13 revisi.

Try out UTBK yang bisa membantumu mengukur kesiapanmu sebelum mengikuti ujian sesungguhnya.

Aneka tips belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang bisa mengganggu belajarmu dan di permudah Aplikasi Belajar di rumah saat Covid 19.

Zenius berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia yang cerdas dan cerah melalui pendidikan yang berkualitas. Berangkat dari semangat tersebut,

Review Android terkait ;

4. Microsoft

Memberikan keleluasan meng akses microsoft dalam browsing internet

5. Quipper

Quipper merupakan aplikasi layanan solusi belajar online. Pengguna bisa menikmati belajar yang seru dengan berbagai konten seperti video amimasi, latihan soal lengkap dan Super Teachers berkualitas di Quipper Video.

Aplikasi yang dikembangkan Quipper Ltd ini menyediakan ribuan video pelajaran dan latihan soal lengkap sesuai kurikulum nasional. Pelajaran tersebut berlaku untuk untuk persiapan berbagai jenjang pendidikan dalam menghadapi UN SMP, UN SMA, SBMPTN dan ujian reguler di sekolah.

Pengguna juga bisa menanyakan soal langsung ke tutor dan konsultasikan rencana akademis dengan pembimbing terbaik di Quipper Video Masterclass.

6. Sekolahmu

Sekolahmu, untuk solusi atas kebutuhan pendidikan yang lebih baik dan fleksibel. Dengan menggabungkan metode online dan offline.

Sekolahmu hadir untuk menghadirkan beragam program yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya, mulai dari kebutuhan pendampingan belajar secara online, meningkatkan kemampuan belajar untuk daya saing dan memenuhi kebutuhan kompetensi demi mencapai tujuan yang kamu impikan.

Beragam kebutuhan belajar dalam satu tempat, semua ada dalam smartphone. Sekolahmu menghadirkan semuanya untukmu, supaya kamu bisa fokus dan berhasil meraih impian dan dipermudah Aplikasi Belajar di rumah saat Covid 19.

Beragam fitur dalam satu genggaman: Tanyamu memungkinkan kamu bertanya berbagai latihan soal atau tugas rumah, sehingga kamu tidak akan lagi merasa kesulitan dalam belajar.

Ujianmu memungkinkan kamu memperoleh pemahaman belajar yang lebih terstruktur untuk menghadapi berbagai ujian pendidikan. Sekarang kamu akan memiliki guru yang selalu mendampingi proses belajar secara intensif hingga kamu paham.

Kelasmu membuat kegiatan belajar berbagai hal untuk meraih impian jadi hal yang menyenangkan dilakukan. Kamu bisa tentukan sendiri jadwal dan lokasi kelas dimana akan mulai belajar, tanpa khawatir mengganggu aktivitas rutin.

Kariermu memberikanmu kendali atas profesi yang ingin kamu raih, melalui proses magang bersertifikasi dan interaksi langsung dengan sang pakar. KarierMU membuat proses magang lebih praktis dan cepat tanpa melalui proses administrasi yang rumit,

Pulsa murah atau gratis sesuaikan provider kamu

7. Kelas kita

Kelas Kita dibekali dengan Fitur Kampus, fitur ini akan membuat sebuah Institusi Pendidikan, Perusahaan atau Komunitas dalam mengatur konten-konten pendidikan dalam kelas online.

Fitur ini bisa di atur menjadi kelas untuk umum atau pribadi yang hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu. Selain berkontribusi materi dengan membuat kelas gratis, pengguna juga bisa membuat kelas berbayar untuk menambah penghasilan.

Caranya dengan memperluas penyampaian materi tanpa memikirkan jarak dan waktu belajar yang bisa kapan saja, harganya bisa disesuaikan dengan konten materi yang diberikan.

Pengguna juga bisa mendapatkan sertifikat digital yang bisa dicetak dengan validitas yang tersimpan di database Kelas Kita.

KelasKita uuga menawarkan beberapa pengajar yang berasal dari perusahaan dan lembaga kurusus vokasional ternama, seperti Parang Kencana, DynEd, Btech, Yayasan B.I.S.A, dan Arva School of Fashion. Mereka akan memberikan materi-materi terbaik untuk memberikan materi.

KelasKita bisa menjadi tempat di mana belajar secara online di mana saja dan kapan saja. Dengan fitur media sosial, memungkinkan pengguna tetap berkomunikasi dengan baik dengan pengguna lain.

Dalam aplikasi yang dikembangkan oleh KelasKita, pengguna bisa mempelajari banyak hal mulai dari Pemrograman, Desain Grafis, Bahasa, Otomotif, Robotik, Jaringan Komputer, Agama, dan lainnya.

Pengguna bisa memilih kelas dari puluhan kategori atau berdasarkan tingkat studi, mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan Perguruan Tinggi atau Umum.

Artinya berbagai kalangan bisa menggunakan Kelas Kita, dan semua fitur bisa digunakan dengan gratis.

8. Kelas Pintar

Kelas Pintar memberikan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Kamu bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik.

Dengan metode belajar interaktif dari Kelas Pintar, belajar menjadi lebih mudah dan efektif!

Kelas Pintar merupakan aplikasi besutan PT Extramarks Education Indonesia.

Aplikasi ini menggunakan Kurikulum Nasional 2013 Revisi, yang memberikan solusi belajar lengkap untuk kelas 1 hingga kelas 12 dengan metode interaktif, yang membuat aktivitas belajar lebih mudah dan efektif.

Extramarks menyajikan berbagai alternatif cara belajar, mulai dari visual, audio dan kinestetik. Sajian tersebut berdasarkan perbedaan karakter siswa memberikan inspirasi bahwa cara belajar setiap siswa juga berbeda.

Aplikasi ini menawarkan fitur seperti membuat Kelas tanpa batas, membuat Quiz tanpa batas, juga fitur Tanya Jawab yang bisa digunakan untuk mengajak orang berdiskusi.

– Learn Materi pembelajaran yang menyeluruh dengan pendalaman konsep belajar, video animasi, multimedia interaktif maupun e-book

– Practice Penguatan konsep melalui latihan soal dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills), Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions)

– Test Evaluasi menyeluruh dari proses belajar kamu dalam bentuk Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda, Tes Periodik Fitur TANYA Ditujukan buat kamu yang kebingungan menjawab soal-soal yang sulit.

Melalui fitur TANYA, kamu bisa bertanya semua pelajaran secara GRATIS kepada guru-guru yang ahli di bidangnya, dan siap untuk menjawab pertanyaan kamu secara cepat dan komprehensif.

Fitur SOAL Menyediakan puluhan ribu materi soal terbaik untuk mempersiapkan kamu menghadapi Ulangan Harian, Ujian Semester, maupun Ujian Nasional. Tantang teman kamu mengerjakan soal di Quiz dan uji coba kemampuan kamu di berbagai Tryout yang tersedia. – Kelas Pintar, Made Learning Easy and Effective –

Aplikasi ini hadir dengan tiga metode belajar efektif yaitu Learn, Practice dan Test.

9. Sekolahku

SekolahKu adalah aplikasi berbasis Android yang ditujukan sebagai aplikasi belajar yang dapat digunakan di sekolah dan sebagai fasilitas untuk membantu proses belajar siswa.

Aplikasi ini membantu sekolah untuk menjadwalkan berbagai kegiatan belajar sehari-hari, termasuk diantaranya menjadwalkan kegiatan ulangan, ujian, ekstra kurikuler tersesuaikan .

Aplikasi ini juga terhubung kepada orang tua atau wali siswa sehingga orang tua atau wali siswa juga dapat membantu proses belajar siswa di rumah dan juga memantau aktivitas belajar yang dilakukan siswa di sekolah.

Fitur Learn akan memberikan penjelasan menyeluruh secara audio visual mengenai pelajaran melalui konsep belajar, animasi, video, multimedia interaktif maupun buku pelajaran (e-book). A

Punya fitur Practice bertujuan untuk penguatan konsep melalui latihan dan kegiatan yang bersifat interaktif, seperti HOTS, Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions).

Sementara fitur Test dijadikan sebagai valuasi menyeluruh dari proses belajar dengan berbagai bentuk tes seperti Adaptive Test, Soal Pilihan Ganda, Tes Periodik hingga Ujian Semester.

10. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dirilis Agustus 2018.

Aplikasi itu bisa digunakan para siswa untuk belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Adapun fitur yang tersedia adalah Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

Aplikasi menyediakan berbagai konten pembelajaran yang berbasis audio, video, gambar, dan animasi, serta disajikan secara interaktif.

Kebutuhan kuota pulsa selama #dirumahsaja dapatkan dalam apliaksi yang dipakai saat ini bisa juga gratis asal sedikit rajin temukan dalam Kuota pulsa unlimited

Murid, guru dan orang tua ada bisa menyatu dalam platform yang sama untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar.

Masih banyak Aplikasi Belajar di rumah saat Covid 19 juga bisa memenuhi Total Learning Ecosystem di mana seluruh komponen pendidikan.

Aplikasi belajar di rumah saat covid 19 ini dapat membantu murid memahami saat #dirumahsaja, mendukung guru mengajar dan membuat orang tua tenang.

Semoga semua praktisi pendidikan jadi pendukung Bapak Presiden Jokowi terima Aplikasi Belajar di rumah saat Covid 19.

Semoga bermamfaat