Select Page

Saat ini Pengguna layanan telekomunikasi Seluler di Seluruh Wilayah Indonesia tanpa kecuali . sudah diwajibkan melakukan Registrasi nomor kartu/ SIM CARD Prabayar dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang berlaku didatabase Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DITJEN DUKCAPIL)

Ingat- kan

Kewajiban registrasi itu berlaku untuk para pengguna SIM Card baru  dan Pengguna lama juga.  Pelaksanaan registrasi ini sudah bisa dilakukan terhitung tanggal 31 oktober 2017 dan ber akhir pada tanggal 28 Februari 2018 Nanti !
(sesuai edran elektronik MENKOMINFO no 12 .2016)

Bagaimana setelah tanggal tersebut masih berlakukah SIMcard tadi… tenang masih. Tapi bersiaplah menerima pemblokiran  yang dilakukan bertahap. Karena itu jangan harap penerimaan layanan SIM Card lancar.

Mari kamu  coba lihat Sanksi Apa yang diterapkan Pemerintah dan diberlakukan oleh semua PROVIDER Simcard

#1 Blokir Panggilan Keluar dan SMS

Tahap pertama, para pelanggan yang belum  juga registrasi akan menerima pembokiran  layanan outgoing call (panggilan keluar) dan SMS selama 39 hari pertama sejak regestrasi berakhir dilakukan

#2 Blokir Panggilan Masuk

Sedangkan pemblokiran tahap berikutnya adalah layanan incoming call (panggilan masuk) dan SMS yang diterima 15 hari berikutnya setelah tahap pertama serta,


Terkait: 

 

#3 Blokir Layanan Internet

terakhir berupa sanksi pemblokiran data Internet terhitung sejak 15 hari bloki tahap kedua berjalan dan akibatnya simcard kamu hangus

 

Cara REGISTER SIM CARD ONLINE untuk hindari di blokir

Inilah sanksi yang dilakukan pemerintah melalui provider kamu jika registrasi tak dilakukan. Pelanggan pun dapat sanksi Khusus ini dari Dirjen Pos dan Penyelenggaraan Informatika (PPI) Kemkominfo

cara Registrasi SIM CARD Prabayar harus menggunakan NIK dan KK kamu yang berlaku

Panduannya ;

  • Kartu SIM Card Prabayar TELKOMSEL pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444 dengan  format ; REG# (16 digit NIK) #(16 digit nomor KK)
  • Kartu SIM Card Prabayar Indosat pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444 dengan  format ; REG# (16 digit NIK) #(16 digit nomor KK)
  • Kartu SIM Card Prabayar TRI pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444 dengan  format ; REG# (16 digit NIK) #(16 digit nomor KK)
  • Kartu SIM Card Prabayar XL pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444 dengan  format ; DAFTAR # (16 digit NIK) #(16 digit nomor KK)
  • Kartu SIM Card Prabayar AXIS pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444 dengan  format ; REG# (16 digit NIK) #(16 digit nomor KK)

DATA DI NOMOR KTP DAN KARTU KELUARGA, AMAN TIDAK?

Aman. Meskipun diberi akses untuk mencocokan nama dan kartu identitas pendaftar, operator telepon tidak akan bisa mengubah data pelanggan di Disdukcapil.

WASPADA ; Jika meminta  akun Email ANDA  (ABAIKAN)

Bagaimana kalau kita tidak mau registrasi ulang kartu SIM lama atau ogah aktivasi kartu SIM baru?

Katanya sih akan diblokir bertahap. Pastikan saja kamu memang sudah terdaftar di Dispendukcapil dengan memiliki nomornya.

kutipan: Kominfo twitter

Catatan:

Tidak berlaku untuk PASCABAYAR, karena sudah terdaftar waktu pendaftaran awal

Cara Download lihat :

  • TELKOMSEL
  •  INDOSAT OOREDOO
  •  BIMA TRI
  • XL CARE
  • AXISnet

 

Semoga bermamfaat pastikan semuanya benar dalam registrasi dan bila gagal cari solusinya di Unreg registrasi 3 sim card

nara sumber ; twitter kominfo