script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> Mengenali Google play palsu 1 | SitusNoka

SitusNoka

Google Play Store telah menjadi sarana bagi pengguna smartphone berbasis Android untuk mendapatkan aplikasi populer terbaru setiap saat, mengenali Google play palsu,

Menurt catatan KOMINFO bahwa jumlah aplikasi yang tersedia di Play Store pun mencapai 2,8 juta dengan berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan tapi disana juga ada malwere

Seperti apa Aplikasinya, supaya bisa diketahui lebih awal dengan kewaspadaan tinggi.

Google Play Store

Sayangnya, banyak orang yang asal mengunduh aplikasi dari Play Store karena menganggap semua aplikasi pada platform tersebut nggak berbahaya.

Faktanya, ada banyak sekali aplikasi palsu dan berbahaya yang tersebar di Play Store dan nggak disadari oleh para pengguna Android.

Mengenali Google play palsu

DAFTAR ISI Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Play Store Pastikan Nama Aplikasi Cek Nama Developer Aplikasi Baca Deskripsi Aplikasi Lihat Ulasan dan Penilaian Pengguna Cek Jumlah Download Lihat Gambar Tangkapan Layar

Periksa Izin Aplikasi

Cara Mengetahui Aplikasi Palsu di Play Store

Google Play Store menyediakan banyak aplikasi yang bisa kamu download secara gratis. Tapi seiring dengan pertumbuhannya, ternyata semakin banyak pula aplikasi palsu.

Agar nggak terkecoh, kamu harus bisa membedakan antara aplikasi palsu dan aplikasi asli yang tersedia di Play Store.

Berikut ini cara mengetahui aplikasi palsu di Play Store agar kamu nggak salah mengunduh dan malah membahayakan smartphone-mu

1. Pastikan Nama Aplikasi

Cara pertama untuk mengetahui apakah aplikasi di Google Play Store itu palsu atauadalah dengan mengecek namanya. Mungkin saja nama aplikasi tersebut familiar tapi berbeda dari aplikasi aslinya, atau terlihat seperti ada perbedaan kata maupun huruf.

Jadi sebelum mengunduhnya, pastikan nama aplikasi tersebut sudah sesuai dengan nama aplikasi asli yang dipublikasikan oleh perusahaan.

2. Cek Nama Developer Aplikasi

Aplikasi Palsu 2 67f58 Kalau kamu masih ragu, kamu bisa memeriksa nama developer atau pengembang dari aplikasi tersebut.

Biasanya terdapat banyak informasi di internet yang menyebutkan nama developer pembuat aplikasi asli yang ingin kamu unduh.

Kalau sudah tau, cek namanya pada aplikasi tersebut dan pastikan bahwa nama developer aplikasi Android memang sudah sesuai.

Review Android;

3. Baca Deskripsi Aplikasi

Aplikasi Palsu 3 D65cd Langkah yang satu ini biasanya paling sering dilewatkan karena kebanyakan orang malas membaca. Kamu juga sama,

Padahal, dengan membaca deskripsi pada aplikasi di Play Store, kamu bisa semakin yakin soal keamanan aplikasi Android tersebut.

Saat membaca deskripsinya, kamu bisa mengetahui info dan detail fitur yang ditawarkan. Semakin lengkap info, semakin terpecaya aplikasinya.

4. Lihat Ulasan dan Penilaian Pengguna

Aplikasi Palsu 4 1e308 Setelah membaca deskripsi aplikasi, selanjutnya kamu perlu membaca ulasan dan mengecek penilaian pada aplikasi yang ingin kamu unduh.

Penilaian atau rating menunjukkan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Semakin tinggi rating suatu aplikasi, semakin puas pula penggunanya.

Sementara itu, pada ulasan kamu bisa menemukan banyak komentar dari pengguna, baik yang bersifat negatif maupun positif.

Biasanya, aplikasi asli dan terpercaya selalu memiliki lebih banyak komentar bersifat positif dibanding aplikasi palsu yang berbahaya.

5. Cek Jumlah Download

Aplikasi Palsu 5 E69bd Jumlah download atau download rates menunjukkan seberapa banyak aplikasi tersebut diunduh oleh pengguna smartphone Android.

Aplikasi yang banyak diunduh sudah pasti asli dan nggak berbahaya karena memiliki angka download rate yang cukup atau sangat tinggi.

Sementara pada aplikasi palsu, angkat download rate biasanya sangat rendah, jauh lebih rendah dibanding pada aplikasi asli.

Sederhananya, untuk mengetahui keaslian aplikasi, kamu bisa membandingkan download rate pada aplikasi yang asli dan palsu.

6. Lihat Gambar Tangkapan Layar Aplikasi Palsu

Setiap aplikasi yang ada di Play Store selalu menyediakan gambar yang memperlihatkan seperti apa aplikasi tersebut saat digunakan.

Dalam hal ini, developer aplikasi palsu nggak akan menggunakan tangkapan layar atau screenshot aplikasi asli karena faktor hak cipta.

Karena itu, aplikasi palsu biasanya akan menggunakan tangkapan layar yang nggak bagus dan kualitas foto yang rendah. Pokoknya, sangat nggak meyakinkan!

Baca juga ; Aplikasi selain Google Play

7. Periksa Izin Aplikasi Aplikasi Palsu

Sama halnya dengan memeriksa developer aplikasi, kamu juga harus memeriksa izin aplikasi agar terhindar dari aplikasi Android berbahaya dan palsu.

Izin aplikasi biasanya tercantum di kolom informasi aplikasi. Kamu pun bisa melihat izin apa yang diminta dari aplikasi tersebut kepada perangkat smartphone.

Sebagai contoh, saat kamu ingin mengunduh aplikasi radio, tapi aplikasi tersebut meminta izin untuk membuka kontak hingga kamera, maka kamu perlu waspada.

Akhir Kata Itu tadi ketujuh cara sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum mengunduh aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store.

Dengan mengikuti ketujuh cara tadi, kamu pun akan lebih mengenali aplikasi google play palsu dan berbahaya tadi yang bisa saja kamu unduh karena kurang kewaspadaan sejak dini.

Semoga bermamfaat