SitusNoka

Langkah cepat diambil Pemerintah rilis Aplikasi 10 Rumah Aman Cegah Covid-19

Yang dipelopori Kantor Staf Presiden (KSP) didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman untuk Tangkal HOAX

Aplikasi 10 Rumah Aman

Jika melihat penyebaran covid-19 yang begitu cepat

Mengapa teknologi ini disematkan dalam Aplikasi 10 Rumah Aman? Tujuannya utama yakni ;

Masyarakat lebih mewaspadai wabah covid-19. Tidak hanya itu saja, tentunya agar masyarakat juga tidak panik jika mengalami gejala serupa.

Fitur Aplikasi 10 Rumah Aman

Sudah tersedia beberapa fitur yang telah disematkan yakni ;

  • Pengukuran suhu yang dilakukan berkala.
  • Informasi mengenai makanan dan juga minuman.
  • layanan inspirasi hidup sehat.
  • Berbagai informasi mengenai hidup sehat.
  • Persebaran individu berdasarkan suhu tubuh.
  • Kemudian pemeriksaan mandiri

Lima fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna aplikasi iniAda pengukuran suhu berkala, berbagi masakan/makanan, inspirasi hidup sehat, periksa mandiri dan update peta sebaran individu berdasarkan suhu tubuh normal atau di atas normal

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda segera mencoba aplikasi ini.

Perbedaan 10 Rumah Aman dan PeduliLindungi

Karena mempunyai perbedaan dengan PeduliLindungi.

Dalam aaplikasi PeduliLindungi bisa mendeteksi pasien positif korona, ODP, dan PDP di sekitar kita.

Namun pada aplikasi 10 Rumah Aman lebih ke arah edukasi sebagai tindak pencegahan.

Jika menilik lebih dalam di aplikasi ini terkait dengan PeduliLindungi serta aplikasi yang terkait seperti ;

  • Chatbot Covid19.go.id,
  • Halodoc,
  • Alodokter,
  • KlikDokter,
  • Good Doctor,
  • Sahabatdokter,
  • Sehatpedia, dan
  • SehatQ.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang berkaitan dengan langkah pencegahan dan penanganan Covid-19, seperti pencatatan suhu tubuh secara berkala oleh komunitas.

Aplikasi penyebaran covid 19

Beberapa menu yang terpampang dalam aplikasi seperti Cek Suhu Tubuh, Jadi Pejuang Aman, Info untuk Kesehatanmu, Seputar Covid-19, Cek Kesehatanmu di Sini, Whatsapp Covid-19, dan Pantau Peta Suhu Tubuh.

Review Android ;

Dalam aplikasi 10 Rumah Aman, disediakan pula informasi mengenai peta khusus yang akan menggambarkan kondisi suhu tubuh orang-orang di sekitar kita.

“Terdapat beberapa indikator warna yang terpampang pada peta yaitu biru (suhu tubuh normal), kuning (suhu tubuh di atas normal), oranye (isolasi mandiri), dan merah (positif korona). Selain itu, kita diminta waspada ketika terdapat warna merah dan oranye di sekitar peta,” tulis keterangan dalam aplikasi 10 Rumah Aman.

Dalam menu Cek Suhu Tubuh, masyarakat bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara mandiri jika temperatur tubuh berada di atas 37,5 derajat Celcius. Selain itu juga dapat melakukan pemantauan terhadap wilayah yang berpotensi menyebarkan penyakit.

Pemerintah berharap kehadiran aplikasi ni juga dapat mendukung imbauan pemerintah untuk tidak beraktivitas di luar rumah selama wabah Covid-19, serta dapat saling mengingatkan dan menjaga komunitas terdekat.

Di menu Jadi Pejuang Aman, pengguna akan diminta melakukan misi 10 Rumah Aman yaitu harus memastikan setidak-tidaknya 10 keluarga yang tinggal di sekelilingnya ikut berpartisipasi dengan mengunduh dan menggunakan fitur pada aplikasi.

Sementara itu, dalam menu Seputar Covid-19 dan Info Kesehatanmu adalah menu yang mengarah ke dalam sisi edukasional. Pengguna akan diberi penjelasan mengenai bagaimana cara menghadapi dan upaya dalam menghentikan penyebaran virus korona.

10 Aplikasi Cek suhu tubuh

Menu Cek Kesehatanmu di Sini sangat berguna untuk memeriksakan kesehatan lewat aplikasi. Menggunakan AI Prixa yang berbasis AI atau kecerdasan buatan, pengguna akan disuguhi belasan pertanyaan.

Setelah mengisi beberapa pertanyaan, pengguna akan diberi pengetahuan mengenai kondisi kesehatan tubuh saat ini, termasuk rekomendasi untuk melakukan isolasi diri.

Selain terhubung dengan kementerian terkait, aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi kesehatan lain, seperti,

Selain itu, 10 Rumah Aman ini juga terhubung dengan beberapa toko daring untuk memudahkan masyarakat dalam membeli kebutuhan sehari-hari. Seperti TaniHub, SayurBox dan Rego Pantes, serta toko obat dan alat kesehatan seperti, Kimia Farma, Alfamind, DAV, dan Mediv-Kimia Farma.

Pengembang aplikasi, yakni Compro, WIR Group, Kennedy Voice Berliner, dan Disrupto.

Jika Anda ingin mengunduh silahkan ke Google Play Store

Situs web ; sepuluhrumahaman.id.

Selain itu, dalam aplikasi ini terdapat pula nomor hotline ChatBot Covid19.go.id sehingga kita bisa menghubungi melalui WhatsApp untuk melaporkan atau mengetahui lebih lanjut penanganan Covid-19

Nara sumber ; KSP