SitusNoka

Disela kesibukan berselancar di internet timbul malware, Bagaimana Cara kerja Malware dan mengatasinya ?

Terutama terhadap malware yang cukup membahayakan, untuk itu segera lakukan langkah-langah mengatasinya terlebih lagi jika menyimpan data penting Anda di internet.

Untuk itu kenali Malwarenya dan atasi segera…

Kenali Malware

ya, singkatnya bagaimana cara kerja Malware supaya segera mengatasinya agar terhindar dari kejahatan yang ada di internet.

Malware itu apa sih? malware sendiri adalah nama dari kumpulan dari beberapa perangkat lunak yang dibuat tujuannya untuk merusak perangkat, mencuri data dan menyebabkan chaos.

  • Contoh tersering yaitu Virus, Trojan dan juga Spyware.

Prinsif dasar Malware

Intinya malware itu adalah sebuah program software, namun perbedaan dengan program komputer pada umumnya adalah bahwa program ini dibuat dengan tujuan jahat.

Malware ini menjadi sebuah program yang sangat berbahaya dan tidak diinginkan, program ini dapat merusak sistem di komputer, menghambat akses internet dan juga bisa sampai mencuri data diri.

  • Seperti halnya ; informasi sensitif Anda seperti password dan terlebih PIN serta data penting Anda.

Jenis Malware

Jenis malware itu sendiri banyak sekali jenisnya, mungkin beberapa malware sudah familiar.

Berikut Noka review beberapa malware yang sangat umum dan pengertian lengkapnya!

Virus

Malware umum nya Anda kenal adalah Virus.

Dalam Virus yang ada di komputer adalah salah satu jenis malware yang mempunyai kemampuan untuk memanipulasi data.

Serta bisa juga dengan kemudahannya menginfeksi, mengubah bahkan merusak suatu program di komputer yang digunakan.

Virus ini dapat menyalin dirinya sendiri dan juga menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ini ke suatu program dan dokumen lain ke dalam sistem komputer.

Efek negatif dari virus ini sendiri di komputer dapat membuat sumber daya pada komputer menjadi berkurang secara signifikan. Virus yang ganas bahkan akan sampai merusak hardware tentu saj tidak diinginkan terjadi .

Trojan

Malware Trojan ini sangat dikenal dan mungkin saat awal sulit dikendalikan. Dikarenakan oleh pihak ketiga dan banyak digunakan juga sama seperti malware lainnya, untuk mengakses informasi penting .

Trojan ini juga mempunyai kemampuan yang sangat baik dan sulit untuk dilacak dan seakan-akan baik untuk komputer, padahal aslinya akan merusak sistem komputer

Salah satu program yang menyamar sebagai software yang terlihat sah, kemudian ia memfasilitasi program lain seperti virus, spyware untuk masuk ke dalam komputer

Adware

Adware adalah dengan cara kerjanya juga dengan menampilkan iklan untuk produk atau layanan yang sering Anda cari atau yang terkait untuk menarik untuk mengklik dan melakukan pembelian.

Adware dimasukkan secara diam-diam oleh si pembuat program dengan kemampuan untuk download dan menampilkan iklan secara otomatis tanpa di ketahui oleh user.

Adware sendiri yang sangat umum adalah yang berbentuk seperti iklan Pop-Up yang ada di suatu situs yang sedang kamu kunjungi.

Biasanya program ini sifatnya untuk tujuan promosi. Adware ini selain digunakan untuk tujuan marketing, adware juga dapat memperlambat komputer Anda.

Worms

Worms itu adalah sebuah program komputer yang juga bisa menggandakan dirinya secara sendiri di dalam sistem komputer.

Pada worms ini menggandakan dirinya dengan cara memanfaatkan berbagai jaringan yang telah di gunakan serta yang belum dalam internet, LAN.

Worms sendiri merupakan virus komputer yang tidak terlalu berbahaya, namun ia akan membuat penyimpanan di komputer kita akan sangat cepat penuh apabila dibiarkan terus menerus.

Virus ini menggandakan dirinya sendiri dengan cepat, dapat membuat file acak tak berguna pada komputer. Hal ini yang menyebabkan ruang penyimpanan komputer akan penuh dengan worms tadi

Menggandakan ini tak perlu campur tangan dari pengguna sendiri, dan worms ini akan menyebar dengan cepat pada berbagai jaringan komputer ini melalui sebuah port keamanan yang terbuka.

Spyware

Merupakan malware mata-mata, yang dibuat untuk mengikuti pergerakan target dalam aktivitas perbankan atau dengan melacak informasi login HP atau Laptop dan tidak lupa kata sandi Anda gunakan.

Spyware ini dapat menginstal software tambahan dan mengubah pengaturan pada perangkat ,

Review Window :

Cara mengatasi Malware

Setelah mengenali jenis malware sekarang lakukan Bagaimana menghapus atau menginstal ulang program yang ada di HP atau dilaptop Anda. Tentu saja lakukan Backup data terlebih dahulu.

Lakukan Uninstal dan instal kembali Jika Anda menemukan program yang sekiranya asing dan mencurigakan, segera hapus dan uninstall file tersebut. Namun, tentunya saja perlu ketelitian terlebih dahulu apa program dan file yang telah unduh agar tidak adanya kesalahan install

Menggunakan Windows Defender

Pengguna Windows, mungkin sudah tidak asing dengan program keamanan bawaan dari Windows yang biasa disebut Windows Defender ini.

Dengan menggunakan program ini untuk menghapus malware di komputer tentu saja ini pencegahan karean untuk yang memiliki antivirus atau tidak dapat menginstall anti virus.

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan Windows Defender ini karena scanning dilakukan dengan mudah, cepat dan juga dilakukan.

Update Windows

Pembaruan sistem operasi ini sering di-update untuk dapat memperbaiki sistem keamanan.

Jadi, ketika kita membiarkan program-program itu sendirian, para penjahat di dunia maya ini dapat menemukan jalannya untuk melakukan kejahatan melalui kerentanan ini.

Maka dari itu, pastikan untuk software anda diperbarui secara teratur dan jangan mengabaikan pop-up tentang pembaruan software baru.

Reset System / Restore Windows

Sistem keamanan (Windows Defender), Windows juga memiliki fitur system restore yang sangat berguna sekali apabila memiliki masalah di sistem komputer Anda

Lakukan dengan system restore ini, cara mudah mengembalikan sistem komputer seperti awal kembali.

Namun, banyak juga ditemukan malware di dalam sistem restore ini. Jika telah merestore ini, maka file yang dulunya Anda simpan akan segera dihapus dan digantikan dengan yang terbaru.

Hapus Temporary Files

Temporary files, seperti cache dan cookies bisa menjadi salah satu tempat pelaku kejahatan untuk mendatangkan malware.

  • Untuk itu, agar hal tersebut dapat dicegah dan tidak terjadi, maka bersihkan semua temporary file di Windows dan juga Browser, termasuk recycle bin yang ada .
  • Hapus segala history dan data kita di browser agar tidak mendatangkan kejadian yang tidak diinginkan.

Lakukan daftar Website dengan Website Security Platform Seperti yang telah diketahui, website setiap hari banyak yang diretas.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga website Anda gunakan tadi untuk aman dari malware, serta hacker dan ancaman yang terus menerus datang adalah dengan menggunakan Website Security Platform.

Untuk itu harus tetap waspada ya terhadap kejahatan di internet pada saat ini.

Banyak sekali akal dan cara yang akan dilakukan oleh penjahat cyber, namun tentunya semua hal bisa tahu Cara kerja Malware dan mengatasinya apabila kita terus berhati-hati dan menggunakan internet dengan cerdas.

Semoga info diatas membantu .